Saturday , July 15 2023
Home / Guide / Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memilih Apartemen!

Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memilih Apartemen!

Membangun tempat tinggal di kota besar seperti Jakarta memang akan terkendala dalam ketersediaan lahan. Pasalnya lahan di Jakarta sudah semakin menyempit karena diisi oleh gedung-gedung pencakar langit. Jika pun ada lahan biasanya harga lahan tersebut dipatok cukup mahal. Maka untuk mensiasati keterbatasan lahan di Jakarta, Anda bisa membangun atau membeli apartemen untuk dijadikan sebagai tempat tinggal. Dalam membeli apartemen pun tidak boleh sembarangan karena jika salah memilih bisa-bisa Anda rugi puluhan hingga ratusan juta. Jadi, pertimbangkan dan telitilah sebelum membeli apartemen untuk tempat tinggal. Beberapa aspek penting mengenai apartemen juga harus Anda ketahui seperti developernya, bentuk rumah, lokasi dan lingkungan sekitar. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai tips membeli apartemen yang tepat, berikut ulasannya.

TIPS-SEBELUM-MEMBELI-APARTEMEN-SEBAGAI-TEMPAT-TINGGAL-SQUARE

5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Apartemen untuk Hunian

  • Lokasi

Tips membeli apartemen yang pertama adalah Anda harus melakukan survey terlebih dahulu untuk bisa melihat kondisi lokasi dari apartemen tersebut. Anda harus pastikan bahwa lokasi apartemen Anda tidak jauh dengan tempat kerja. Selain itu lokasi yang strategis juga merupakan suatu hal yang penting. Mengingat setiap orang yang tinggal di apartemen menginginkan akses jalan umum yang mudah dan cepat sehingga aktivitas sehari-hari pun juga terasa cepat. Maka ketika hendak membeli apartemen untuk hunian pastikan lokasinya dekat dengan pusat perbelanjaan, rumah sakit, akses jalan raya dan sebisa mungkin tidak jauh dari kantor.

 

  • Informasi tentang Developer

Tips membeli apartemen yang kedua adalah pelajari track record dari developer apartemen tersebut. Anda perlu ingat bahwa semua mengenai apartemen Anda akan bergantung pada sang developer. Tidak sedikit pula kasus terkait apartemen yang terlantar atau belum selesai dibangun karena permasalahan dari developernya. Maka sebelum membeli apartemen, Anda harus mencari tahu kredibilitas dari developer tersebut.

 

  • Legalitas dan Kelengkapan Dokumen

Sebelum membeli apartemen, Anda harus mengecek legalitas bangunan tersebut. Periksa juga kelengkapan dokumen seperti status tanah. Pastikan tanah yang dibangun apartemen tersebut bukan tanah sengketa atau sewaan. Anda bisa meminta bantuan notaris untuk memeriksa kelengkapan dokumen apartemen tersebut. Pastikan Anda mendapatkan sertifikat kepemilikan apartemen. Biasanya pemilik apartemen akan mendapatkan sertifikat Hak Satuan Rumah Susun.

 

  • Informasi Mengenai Apartemen

Tips membeli apartemen yang satu ini juga sangat penting. Jadi, jangan malu menanyakan kepada developer  terkait hal-hal mengenai apartemen seperti harga per unitnya, fasilitas, keuntungan dan hal lainnya. Jika Anda ingin mendapatkan harga apartemen yang murah maka pilihlah apartemen yang sedang dibangun oleh developer. Biasanya, harga apartemen yang baru dibangun lebih murah dibanding harga pasarannya.

 

  • Sesuaikan Dengan Kebutuhan

Ketika hendak membeli apartemen, Anda harus bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan bukan karena keinginan. Pada apartemen terbagi menjadi 3 jenis yaitu apartemen tanpa furniture, sebagian tersedia furniture atau penuh furniture. Selain itu ada juga yang terbagi berdasarkan dari segi ukuran. Ada yang ukuran studio, kamar 1 hingga luxury (lebih dari 3 kamar). Jangan mengandalkan gengsi namun sesuaikan dengan kebutuhan agar keuangan Anda tetap sehat.

 

Apartemen memang sangat diperlukan bagi masyarakat yang tinggal di perkotaan. Namun bagi Anda yang baru pemula dalam pembelian apartemen maka tips membeli apartemen yang sudah dijelaskan diatas perlu Anda perhatikan. Demikian informasi mengenai hal penting yang Anda harus perhatikan dalam membeli apartemen. Semoga Anda bisa mendapatkan apartemen yang tepat.  

About Erik Lie

Penjelajah hobi motret, penikmat musik, pecinta kopi

Check Also

Ternyata 15 Benda Ini Bisa Dibersihkan di Mesin Cuci

Ternyata 15 Benda Ini Bisa Dibersihkan di Mesin Cuci

Banyaknya batasan dalam mencuci baju di mesin cuci mungkin membuat Anda kebingungan saat membaca judul …

One comment

  1. Cara paling mudah menggunakan insting dengan 2- 3 hari jalan jalan di wilayah apartemen.. nongkrong sore… kira kira kita nyaman atau engga tinggal disitu atau misalnya dibeli untuk disewakan, apakah penyewa kita akan nyaman disana. Lihat ada bank yang mau bekerja sama engga untuk KPAnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *